Mostly About College Life

Saturday, November 08, 2014

Alhamdulillah akhirnya kelar juga UTS minggu ini. Tapi sayangnya masih ada 2 matkul lagi untuk minggu depan dan minggu depannya lagi. Huhu kesel juga sih kok nggak kelar-kelar perasaan harusnya minggu ini udah bebas dari soal-soal abstrak itu. Meskipun gue nggak belajar-belajar amat juga sih karena... nggak tau ya gue semester 3 ini ngerasa matkulnya lebih susah tapi belajarnya malah nggak makin getol, justru malah makin nurun. Mungkin karena efek 'ada yang baru' makanya gue jadi nggak fokus belajar dan lebih milih untuk main game atau sekedar mantengin HP aja. Mantengin HP? Wehe iya dong! Alhamdulillah doa gue pas ulang tahun kemarin udah dijabah Allah nih. Setelah berbulan-bulan susah dihubungin, akhirnya nggak perlu ngomel-ngomel lagi gara-gara bingung mau hubungin gue kemana karena sekarang udah ada yang baru. Dan yang bikin senengnya adalah untuk pertama kalinya gue bisa beli HP yang emang gue pengen banget pake uang hasil nabung sendiri. Meskipun masih setengah-setengah sih sama bapak, tapi tetep banyakan gue dongs. Setengah lebih dikit lah hehe. Lumayan kan sekarang gue nggak perlu was-was lagi sama jadwal kuliah kalau tiba-tiba ada matkul yang pindah nggak sesuai jadwal.

Ngomong-ngomong soal kuliah, kayaknya gue belum pernah ya cerita tentang college life gue selain dari cerita nyesel-nyeselan atau capek kuliah yang sebenernya masih banyak yang bisa diceritain. Kalau gitu sekarang gue mau cerita tentang apa aja yang berhubungan dengan college life di pandangan mahasiswi semester 3. Jadi mahasiswi/a itu menurut gue ada enak dan nggak enaknya. Kalau dulu gue pikir kuliah pake baju bebas dan nggak harus pake seragam itu enak, ternyata nggak sepenuhnya terbukti benar. Nyatanya gue justru malah bingung harus mikirin pake baju apa setiap harinya. Gue kan bukan tipe orang yang ibaratnya asal ada ya udah pake. Tapi tipikal yang harus matching dan focus on detail gitu. Misal gue lagi pengen pake converse. Berarti gue harus cari baju dan tas yang kalo dipadukan sama converse jatohnya nggak nanggung. Meskipun outfit gue nggak yang wah banget macam ootd di instagram, at least gue harus memastikan bahwa nggak ada salah satu bagian yang nabrak-nabrak dan sepertinya gue cukup perfeksionis soal beginian. Makanya bawaannya pengen beli ini itu mulu biar bisa sering ganti-ganti, nggak itu-itu mulu yang dipake. Tapi sayang aja duitnya nggak memadai :( Selanutnya soal jam perkuliahan. Overall ini sama sih, ada enak dan nggak enaknya juga. Di semester 3 ini nggak ada tuh yang namanya kelas dari jam 7 pagi sampe 5 sore kayak yang suka gue liat dari update-an temen-temen gue di path. Malah di semester ini gue dapet one day off di hari Jumat karena dipadetin di hari Selasa-Kamis, itupun jam 3 sore juga udah kelar. Nah yang nggak enaknya adalah kalau kita udah sampe di kelas, apalagi kelas pagi, eh taunya dosennya nggak ada. Terus kelas yang dicancel itu dipindah ke hari lain yang harusnya mungkin off. Kalau dulu sih waktu sekolah mana ada kelas pengganti. Kalau guru nggak ada ya udah kita seneng kan, nah kalau sekarang justru malah jadi utang SKS. Pernah tuh kemaren pas semester 1 utang SKS kalkulus bisa sampe 10an lebih. Gile dah. Kalau kata pepatah sih "bersenang-senang dahulu, bersakit-sakit kemudian. Nggak ada dosen dulu, utang SKS kemudian". Bukan begitu, gais? Ok outfit udah, jam perkuliahan udah, sekarang enaknya apa ya? Kayaknya soal organisasi dan tetek-bengeknya cucok kali ya. So far, satu-satunya organisasi di kampus yang gue ikuti cuma organisasi himpunan. Gue di sini sebagai anggota divisi seni dan budaya. Selama kuliah ini, gue ngerasa HIMATIKA lah yang somehow membentuk gue menjadi individu yang lebih berkembang dan percaya diri. Sebelum masuk sini, mana pernah sih gue nyanyi di depan orang banyak, bahkan di depan auditorium dengan audience dari berbagai jurusan. Mana pernah sih gue jadi MC di acara manapun. Ya semuanya juga pasti masih banyak kekurangan sih, tapi semua ini bikin gue makin merasa terasah, bener-bener terasah. Meskipun kadang gue ngerasa keberatan, tapi tetep aja bahagia rasanya kalau tau orang lain mempercayakan kemampuan gue untuk ditampilkan. Mungkin banyak yang mikir anak matematika emangnya bisa berkegiatan yang berbau seni, kan kerjaannya ngitung-ngitung mulu? Awalnya gue juga sempet punya pikiran kayak gitu karena image anak matematika yang cupu lah, culun lah, kuper atau apalah. Tapi jangan salah! You don't know how our world is until you have been in it. Dicamkan baik-baik ya, nak. Selain soal nyenyong dan MC, gue juga mulai ngerasa terasah bakat desainnya. Emang nggak pro sih, tapi ya nggak udik-udik amat lah. Gue sering banget dimasukin ke divisi dekdok (dekorasi dan dokumentasi) kalau ada acara himpunan. So far gue udah ditugaskan untuk bikin sertifikat, ngedekor ruangan, desain majalah, sama bikin video teaser.

Nah selain hal-hal di atas, ada juga nih hal yang menurut gue cukup krusial di dalam dunia perkuliahan. Kita nggak bisa pungkiri ya bahwa mahasiswa itu memang dan harus berbeda dengan siswa. Selain dari kata MAHA itu sendiri, kita (katanya) harus punya karakter yang bikin kita beda sama siswa. Selain itu, attitude, tanggung jawab, dan perilaku kita (katanya) juga harus mencerminkan seorang mahasiswa. Sebenernya tanpa kita menjadi mahasiswa pun, menurut gue, ketiga hal ini emang penting banget sih untuk membantu kita bersosialisasi. Ketiga hal ini yang membentuk kita menjadi pribadi yang bisa diterima masyarakat. Gue pernah nulis kan ya di postingan gue tentang isi buku The Way of Youth, bahwa sekali kita terjun ke masyarakat, nggak akan ada banyak orang yang akan begitu jujur. Jadi sebelum kita menyelam lebih jauh ke dalam masyarakat luas, masa-masa kuliah ini emang tepat banget sih buat kita belajar memposisikan diri. Salah satu temen kelas gue ada yang pernah bilang kalo dia tuh nggak nyaman sama anak kelas, dia ngerasa kayak stranger. Man! This is college life. Kita yang harus membuka diri kita, bukan malah nunggu orang lain membuka diri untuk kita. Kita bukan lagi anak sekolahan yang bete kalau si ini main sama itu dan lo nggak diajak, kesannya kayak mereka nggak mau temenan sama lo. Harusnya kita udah bukan ada di masa-masa kayak gitu. Ngerasa nggak sih kalo dari SD pun, setiap orang, khususnya cewek pasti lebih sering berkelompok? Menurut gue, it's not about having a group, tapi hukum alam yang bikin kita deket sama orang yang nyambung dan klop sama kita. Gimana kok sampe bisa deket? Karena kita open. Itu yang pertama. Yang kedua adalah how you positioning yourself among them. Yang susah adalah kalau kita udah keburu under control dan kita nggak sadar. Yang sadar justru malah orang lain. Lo patut bersyukur deh kalo masih ada temen lo yang mau mengevaluasi kelakuan lo atau sekedar ngingetin jangan gini jangan gitu. It seems to be rare ketika lo terjun ke dalam masyarakat luas. Makin ke sini gue ngerasa emang hidup makin keras sih. Azek. Kayak lo jangan sampe punya x-factor yang bikin lo diomongin bahkan dicengin sama anak kelas karena itu udah super mega menyedihkan. Yang penting sih jangan sok asik, baper, sama kecentilan. Hidup damai, aman, tentram, sejahtera dan nggak usah neko-neko. Kalau udah ngerasa nggak punya x-factor tapi masih dicengin mah ya udah minta doa ibu aja biar hidupnya tenang. Di kuliah ini berasa banget soalnya. Apalagi cowok ya kalo udah ngatain cewek beuh sadisnya.

Inti daripada inti, kehidupan perkuliahan ini pastinya membawa perubahan ke arah manapun dan sekecil apapun. Tinggal kita yang harus memilah-milah mana yang baik untuk kita. Selama setahun lebih kuliah, sejujurnya  gue masih sering ngerasa gue ini belum jadi apa-apa, belum banyak berkontribusi seperti orang-orang luar biasa yang gue temukan di sini. Ngisi CV juga masih bingung apa yang mau di isi. Kayak belom ngapa-ngapain juga. Tapi gue percaya sih, we are just nothing until we are willing to do something! 

You Might Also Like

0 komentar